Sabtu, November 20, 2010

Monitor merupakan interface terpenting yang menghubungkan manusia dan PC , teknologi monitor sendiri mulai di operasikan pada tahun 1938 kini usianya sudah menginjak 71 tahun dan pengembangannya masih terus berlangsung sampai saat ini .

Tahap pengembangan monitor komputer yang digunakan saat ini sebenarnya terbagi atas dua fase. Fase pertama ditandai dengan penemuan tabung sinar katoda, yang sekarang di namakan monitor CRT dari monitor tabung ini kemudian, ahli kimia asal Austria Friedrich Reinitzer membuat dasar pengembangan dengan menggunakan kristal cairan, yang kemudian kita kenal dengan istilah monitor LCD, waktu itulah yang merupakan fase kedua dari tahap pengembangan monitor komputer.

Setelah fase ke dua ini perkembangan LCD Monitor di dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat , dan kini setelah LCD monitor, muncul LED (Light Emitting Diode) Backlight Monitor membawa tren baru yang revolusioner. Keunggulan teknologi monitor LED adalah kemampuannya untuk memperlihatkan detail halus yang sebelumnya tak dapat diperlihatkan oleh monitor LCD. Dengan menghasilkan variasi warna yang luar biasa, kejernihan dan kedalaman gambar untuk gambar-gambar paling gelap sekalipun akan juga ditampilkan dengan baik oleh monitor LED.

LED adalah sumber pencahayaan yang stabil. Dengan demikian monitor LED juga tentunya memberikan pencahayaan yang bebas kedip (flicker free),” monitor LED memiliki pencahayaan yang lebih terang, penampilan gambar yang lebih tajam, dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah.

. Dan dengan menggunakan cahaya LED bebas-merkuri yang menggunakan sedikit daya, emisi CO2 menjadi lebih sedikit. Anda bisa lebih tenang dan rileks mengetahui bahwa anda meninggalkan sedikit jejak karbon.

Yang jadi pertanyaan banyak orang adalah apakah performanya juga sebagus penampilannya ? kami jelaskan sedikit mengenai performa monitor LED , performa monitor LED tiap – tiap brand / merk berbeda – beda jadi kita harus benar – benar jeli dalam memilih , yang pertama kita lihat adalah spesifikasinya terutama Contrast Ratio,Resolution dan response time ketiga spesifikasi ini sangat berperan dalam performa sebuah monitor , Yang kedua kita melihatnya dari segi fisik dan desain , Yang ketiga jaminan purna jual / garansi semakin lama garansi yang diberikan menandakan bahwa LED ini berkualitas bagus direkomendasikan juga untuk memilih LED yang juga menggaransi PANELnya , kenapa ? karena harga PANEL adalah ±70% dari harga LED jadi kalau LED kita mengalami kerusakan di panelnya kita siap – siap bayar ±70% dari harga LED yang kita beli untuk itu direkomendasikan membeli merk LED yang bergaransi panel , yang keempat pastinya kita lihat dari harga apakah sudah sesuai dengan kualitasnya .

Tidak ada komentar: