Sabtu, Januari 17, 2009

MUNGKIN ANDA MASIH PENASARAN DARI MANA SUARA MENAKUTKAN ITU...???

Suara seperti ledakan mercon itu berasal dari salah satu komponen yang namanya flyback trasnformer atau FBT dimana komponen ini berfungsi untuk menaikkan tegangan yang nantinya akan di umpankan ke crt ( Cathoda Ray Tube / Tabung Tampilan ) Bagian crt yang memerlukan tegangan sangat tinggi adalah ANODA Kalau Kita lihat bentuknya adalah kop yang terbuat dari karet dan kop karet ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap tegangan tinggi.

Bagian lain dari flyback ini adalah screen dan focus, screen berfungsi untuk mengatur tegangan G2 dimana G2 ini yang akan menentukan kecerahan tampilan, sedangkan Focus berfungsi untuk mengatur focus tampilan supaya tampilan tidak terlihat kabur ( bahasa jawanya Mblawur ) .

Pada pangkal kabel EHV( Extra High Voltage ) biasanya sering mengalami kebocoran karena terbakar kalau ada kebocoran maka akan terjadi loncatan bungan api listrik ke body crt atau ke ground karena tegangan ini sangat tinggi yaitu sekitar 25 sampai 30 Kv maka loncatan bunga api tersebut akan mengeluarkan bunyi seperti ledakan mercon yang bikin kaget.

Anda bisa bayangkan tegangan setinggi itu kalau mengenai tubuh kita ???... Bisa QOIT

Gambar di atas adalah bentuk nyata dari flyback supaya anda tidak penasaran silahkan bongkar monitor anda dan amati di mana letaknya flyback tersebut tapi ingat jangan sekai kali menyentuh kabel Ehv atau kop anoda karena mengandung tegangan yang sangat tinggi dan sangat berbahaya.


6 komentar:

eka mengatakan...

Mas Wid, blog njenengan sangat bermafaat bagi yang mau belajar ttg monitor. Sudah saya add kan di blog saya. silahkan di cek :
http://putrajayakomputer.blogspot.com/
blog yang lain:
http://falentinoekalaksanaputra.blogspot.com/
http://pendapatakumyopinion.blogspot.com/

Ihsan Prawoto mengatakan...

kunjungan balik. ayo mas kita shre sebagai teknisi elektronika mail saya info [at] topsitus.com 081803037757

Multiware Computer mengatakan...

Terimakasih mas prawoto sudah berkunjung ke blog saya mudah mudahan ini akan menjadi jalinan persahabatan dan ajang berdiskusi pemencahan masalah selamat berjuang...

tahyu mengatakan...

salam kenal untuk semua pecinta elektronik....
trimakasih share-nya...

Multiware Computer mengatakan...

salam kenal kembali untuk rekan2 pecinta elektronik terimakasih untuk kunjungan balik nya

Multiware Computer mengatakan...

Ok mas eka terimakasih atas partisipasi panjenengan...